Senin, 07 Mei 2012

cara smash dalam bola voli


Smash adalah suatu pukulan yang kuat dimana tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas, sehingga jalannya bola terjaldengan kecepatan yang tinggi, apabila pukulan bola lebih tinggi berada diatas net, maka bola dapat dipukul ke bawah (M. Mariyanto, 2006 : 128)”.Menurut Iwan Kristanto mengemukakan bahwa : smash adalah pukulankeras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima atau
dikembalikan.” (2003 : 143). Dengan membentuk serangan pukulan yangkeras waktu bola berada di atas jaring untuk dimasukkan ke daerah lawan.Untuk melakukan smash dengan baik harusnya memperhatikan faktor-faktor berikut : awalan, tolakan, pukulan dan pendaratan.


a.AwalanBerdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuai dengankebiasaan individu (tergantung smasher normal atau kidal).Langkahkan kaki satu langkah ke depan (pemain yang baik dapatmengambil ancang-ancang sebanyak 2-4 langkah). Kedua lenganmulai bergerak ke belakang. Berat badan berangsur-angsur merendahuntuk membantu tolakan.

b.TolakanLangkahkan kaki selanjutnya hingga kedua telapak kaki hampir sejajar dan salah satu kaki agar kedepan sedikit untuk mengerem gerak ke depan dan sebagai persiapan melompat ke arah vertikal. Ayunkankedua lengan ke belakang atas sebatas kemampuan kaki ditekuk sehingga lutut membuat sudut kurang lebih 110 derajat, badan siap untuk melompatdengan berat badan lebih banyak bertumpu pada kaki yang di depan.

c.MeloncatMulailah melompat dengan tumit dan jari kaki terhentak lantaidan mengayunkan kedua lengan ke depan atas, saat kedua kakimendorong naik ke atas, telapak kaki, pergelangan tangan, pinggul dan
 batang tubuh digerakkan serasi merupakan rangkaian gerak yangsempurna, gerakan eksplosif dan loncatan vertikal.

d.Memukul BolaJarak antara di depan atas sejangkauan lengan memukul, segeralecutkan lengan ke belakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola.

e.MendaratMendarat dengan kedua kaki mengeper, lutut lentur saatmendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendaratdengan jari-jari kaki (telapak kaki bagian depan) dan sikap badancondong ke depan.








0 komentar:

Posting Komentar