Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution artinya pelanggan
ingin membeli produk kalau produk tersebut sesuai dengan
keinginannya.Sebaliknya perusahaan dapat memperoleh profit dari produk
yang dihasilkannya kalau produk tersebut di beli oleh pelanggan.
Berdasarkan profit tersebut, perusahaan dapat melanjutkan bisnisnya
hingga ia dapat memenuhi keinginan pelanggan lebih besar di masa yang
akan datang.Dengan kata lain perusahaan selalu berpedoman atau berfokus
kepada nilai-nilai yang terdapat dalam diri pelanggan, sehingga kegiatan
pemasaran tersebut dapat berhasil dengan baik.
Oleh karena iitu
untuk dapat mencapai semua itu membutuhkan yang namanya perencanaan
pemasaran, agar apa yang akan dilakukan sesuai dengan
tujuannya.Perencanaan pemasaran merupakan persyaratan inti bagi pemasar.
Manfaat penyusunan sebuah rencana antara lain : mendorong pemikiran
sistematik mengenai masa depan, meningkatkan koordinasi, menetapkan
standar kinerja untuk mengukur tren, memberikan dasar logis bagi
pembuatan keputusan,meningkatkan kemampuan untuk emnangani perubahan,
dan meningkatkan kemampuan untuk mengidentifikasi peluang pasar.
Definisi
dari perencanaan pemasaran strategis menurut Mc Donald adalah proses
manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan ini
merupakan urutan logis dan serangkaian aktivitas ke arah penetapan
tujuan pemasaran dan perumusan rencana untuk mencapai tujuannya.
Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari
sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian
perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang
dan mengkoordinasi keputusan pemasaran.Rencana pemasaran ini memberikan
fokus bagi pengumpulan informasi, format bagi penyebarluasan informasi,
dan struktur bagi pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik
dan taktikal perusahaan.
Tujuan perencanaan pemasaran adalah
identifikasi adn kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan
pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan
tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri
atas :
1) penyesuian ukuran bisnis,
2) perubahan lingkup produk dan/atau pasar atau
3) penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi-organisasi lain.
Manfaat rencana pemasaran :
1. mencapai koordinasi aktivitas yang lebih baik
2. mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan
3. meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah
4. meminimalkan respon tak rasional samapi respon yang tak diharapkan
5. mengurangi konflik tentang ke mana seharusnya organisasi bergerak
6. meningkatkan komunikasi
7. mendesak manajemen untuk berpikir ke depan secara sistematis
8. memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan
Masalah masalah yang muncul akibat kurangnya perencanaan pemasaran :
1. peluang-peluang yang hilang untuk mendapatkan laba
2. angka-angka yang tak berarti dalam rencana jangka panjang
3. tujuan yang tidak realistis
4. kurangnya informasi pasar yang dapat dilakukan
5. perselisihan antar fungsional
6. frustasi manajemen
7. perkembangbiakan produk dan pasar
8. pengeluaran promosi yang sia-sia
9. penentuan harga yang terlalu membingungkan
10. semakin melemah terhadap perkembangan bisnis
11. hilangnya kendali terhadap bisnis
Minimum marketing plan memuat unsur-unsur sebagai berikut :
a. Tujuan pemasaran dan strategi pemasaran
b. Strategi bauran pemasaran
c. Deskripsi mengenai produk
d. Strategi penetapan harga
e. Rencana promosi
f. Penetapan produk (penjualan dan distribusi)
Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran meliputi :
1. melakukan analisis situasi
Analisis
yang dilakukan dalam tahap ini adalah analisis SWOT (streghts,
weaknesses, opportunities, dan threats). Analisis ini mencakup peluang
dan masalah yang ditimbulkan oleh trend an situasi pembeli, pesaing,
biaya dan regulasi. Selain itu, termasuk pula di dalammnya adalah
kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
2. Menetapkan tujuan/sasaran
Tujuan
dirumuskan secara spesifilk dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang
diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang,
dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan serta
kekuatan dan kelemahan perusahaan.
3. Menyusun strategi dan program
Berdasarkan
tujuan yang telah ditetapkan, pengambil keputusan kemudian merancang
strategi (tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan) dan program
(tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi).
Hasil
dari perencanaan pemasaran yang berfokus pada konsumen dapat
menghasilkan sebuah keunggulan bersaing melalui 1) harga yang lebih
rendah di bandingkan dengan para pesaing untuk manfaat yang sama atau 2)
keunikan manfaat yang dapat menutupi harga tinggi. Analisis keunggulan
bersaing menunjukkan perbedaan dan keunikannya di antara para pesaing.
Bagi perusahaan yang ingin menikmati keunggulan bersaing di pasar,
antara produknya, dan produk pesaing harus dapat di rasakan di
pasaran.Keunggulan bersaing diperoleh dengan mencari aspek-aspek
diferensiasi yang akan di nilai superior oleh konsumen sasaran dan yang
tidak mudah diduplikasikan oleh pesaingnya.
Archive
Categories
- agama (9)
- bahasa jawa (9)
- belajar php (10)
- blog (44)
- budidaya (13)
- cara memasak (14)
- fisika (4)
- internet (1)
- ips (12)
- kesehatan (5)
- kewirausahhan (12)
- kimia (3)
- komputer (16)
- limbah (22)
- matematika (1)
- memperbaiki handphone (13)
- pendidikan (23)
- pendidikan kewarganegaran (22)
- story (15)
- tentang burung (3)
Sabtu, 28 April 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Posts
-
Parikan (4 wanda + 4 wanda) x 2 a. Pitik blorok, manak siji. Jare kapok, malah ndadi b. Wajik klithik, gula Jawa. Luwih becik, sing pr...
-
Kegiatan surat menyurat merupakan bagian dari pekerjaan administratif dimana merupakan bagian dari unit administrasi. Pengertian Surat Pen...
-
Smash adalah suatu pukulan yang kuat dimana tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas, sehingga jalannya bola terjal deng...
-
1. Contoh Surat Undangan Mugi Katur Panjenenganipun Bpk./Ibu/Sdr.________ wonten ing Palenggahan. Bissmillahirohmaanirrohim Assalamu ...
-
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapi tugas untuk membuat Contoh Surat Edaran Sederhana . Tampak sepele sih, tapi surat ini sa...
-
Inggris adalah Negara kerajaan tertua di dunia. Juga Negara yang mempunyai persemakmuran paling banyak. Selain itu,inggris memberikan kont...
0 komentar:
Posting Komentar