Senin, 07 Mei 2012

jenis jenis simbiosis

Hubungan timbal baik antara dua organisme berbeda yang sebelumnya sudah di bahas yaitu tentang simbiosis. Ternyata dari proses simbiosis ini dapat menimbulkan dampak bagi kedua makhluk hidup baik itu merugikan maupun menguntungkan.

Selengkapnya dapat di bagi menjadi beberapa bentuk/ jenis simbiosis di antaranya:

1. Simbiosis parasitisme, namanya juga parasit pasti akibatnya akan merugikan pihak lain. Demikian juga dengan proses simbiosis ini, di mana satu pihak mendapat keuntungan dan pihak yang lain akan di rugikan. Contoh simbiosis parasitisme yaitu: tumbuhan benalu dengan inangnya, bunga raflesia dengan inangnya, cacing perut yang hidup dalam tubuh manusia, dll.

2. Simbiosis mutualisme, adalah hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan. Jadi dari kedua pihak tidak ada yang di rugikan. Contoh simbiosis mutualisme adalah: ikan remora dan ikan hiu, burung jalak dan kerbau, dll.

3. Simbiosis komensalisme, yaitu simbiosis yang menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak yang lain tidak mendapat keuntungan tapi juga tidak di rugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah: ikan badut dengan anemone laut, anggrek dengan tumbuhan inangnya.

4. Simbiosis amensalisme, yaitu saat satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan.

5. Simbiosis kompetisi, yaitu simbiosis yang saling merugikan bagi kedua pihak, biasanya terjadi persaingan dalam memperebutkan makanan.

6. Simbiosis netralisme, yaitu hubungan yang tidak menguntungkan maupun merugikan bagi kedua pihak.

Untuk sementara itu dulu pembahasan tentang macam-macam simbiosis, materi simbiosis ini belum lengkap karena saya masih mencari contoh makhluk hidup dari masing-masing bentuk simbiosis.

0 komentar:

Poskan Komentar